Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bagaimana Cara Menginstal Laptop

 

https://www.naktekno.com/2021/04/bagaimana-cara-menginstall-laptop.html

Saat ini, Laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak orang. Dan seiring dengan perkembangan waktu, produsen laptop kemudian mulai memproduksi produk-produk terbaru mereka demi menarik hati para calon konsumennya. Salah satunya adalah produk yang menggunakan OS terbaru. Hanya saja, akan ada waktu, dimana OS ataupun iperating system laptop kamu mengalami error, alias bermasalah yang disebabkan oleh berbagai hal. Dan penyebab paling umumnya adalah virus. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakan install ulang agar semua virus yang ada hilang. Apalagi saat ini, menginstall ulang laptop memang menjadi sebuah senjata paling ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan OS laptop. Nah, pertanyaannya adalah, bagaimana cara menginstall laptop.

Mungkin, sebagian besar di antara kamu ada yang bertanya-tanya senada dengan bagaimana cara menginstall laptop, seperti windows 10, laptop baru, windows 7. Daripada berpanjang lebar, berikut ini adalah rangkaian bagaimana cara menginstall laptop yang bisa kamu coba.

Back-Up Data Anda di OS Lama

Sebelum mulai proses install, kamu harus memback up semua data yang ada. Terutama data yang lokasinya di C. Kamu bisa menyimpan data dengan menggunakan keeping CD-R, DVD-RW, CD-RW, DVD-R, atau bahkan di falsh disk dan di hardisk eksternal. Alasannya sederhana sih, agar kamu bisa mendapatkan semua file dengan mudah.

Men charged Laptop

Cara install laptop yang kedua adalah dengan mencharger laptop. Hal ini karena dalam proses installnya, laptop membutuhkan tenaga yang banyak. Sehingga, untuk menghindari kasus baterai laptop yang tiba-tiba habis dan membuat proses intallnya malah ulang lagi, akan lebih cerdas kalau kamu mengantisipasinya dengan mencharger laptop.

Siapkan Instalan OS Baru

Cara Install laptop berikutnya adalah siapkan perangkat yang baru, yang akan kamu install ke laptop. Apabila kamu telah membeli CD instalan OS laptop, mau itu yang resmi ataupun bajakan, kamu bisa menyiapkannya. Hanya saja, ketika kamu mempunyai soft copynya, maka kamu meksi penggunakan flash disk ya, untuk dijadikan media menginstall OS nya. Untuk melakukannya anda perlu menyiapkan Falsh disk minimal 8 GB dan sofeware “buring” file image disk ke flash disk. Karena kebiasaan softcopy dari hasil instalan OS berupa image disk di dalam format ISO.

Selanjutnya anda ikuti cara Bootable Flashdisk, berikut ini:

  1. Instal Sofware “buring” image disk ke flashdisk.
  2. Colokkan flashdisk ke laptop.
  3. Buka software pembaca file image disk.
  4. Pilih file ISO yang akan “di-burn”.
  5. Pilih flashdisk yang akan dijadikan media instalan OS.
  6. Pilih start Over pada software.
  7. Tunggu hingga proses pembuatan media instalan OS selesai.
  8. Cabut flashdisk dengan benar dengan menggunakan safety eject removable media.

Perlu diketahui, anda harus pastikan instalan OS yang akan gunakan sama dengan kemampuan laptop anda, terutama pada bit yang dipakai, apa bit 32 atau 64.

Restart Laptop Anda

Selanjutnya, agar laptop kamu mulai melaksanakan proses install, kamu meski keluar dulu ke OS lama. Maka, silahkan tutup segala aplikasi, dan amankan seluruh data kamu yang ada di OS lama. Barulah restar laptop.

Baca Juga ; Jangan Panik Begini Cara Mengatasi Laptop Lemot

Masuk ke BIOS Laptop Anda

Ketika selesai restart, kamu bisa mengklik tombol agar bisa masuk ke BIOS. Dan biasanya, ada perbedaan antar laptop ya. Misalnya adalah dengan menekan ESC, atau F1, F2, Fn + F2. Dan jika anda bingung, perhatiakn pada bagian bawah layar laptop yang menunjukkan logo produsen laptop. Dan laptop harus bisa masuk ke BIOS tanpa ada gejala.

Masukkan Media Instalan OS ke Laptop

Nah, sebelum mengaturnya, kamu meski memasukkan dulu media instalan OS yag sudah kamu siapkan tadi ya. Dan apabila berupa CD/DVD, maka masukkan drive laptop anda. Dan kalau falshdisk maka colokkan ke port USB. Hal ini harus diperhatikan agar ketika mngatur urutan boot di BIOS bisa terbaca.

Atur Urutan Booting Melalui CD / Flash Disk menjadi Urutan Pertama

Di settingan BISO, masuk ke bagian tab boot device, pilih boot device choice tadi. Dan buat CD, DVD, atau FD kamu ke urutan satu. Lalu simpan. Dan keluar. Kalau sudah, maka logo akan mucul, dan tekan tombol apapun.

Memulai Instal Ulang

Pilih  ahasa Inggris, dan tekan next. Lalu klik tulisan install now. Ketika muncul tulisan lisensi, centang saja tulisan I accept …., lalu next. Jika sudah, aka nada dua pilihan, yakni upgrade ataupun custom. Pilih saja custom.

Baca Juga ; Cara Setting Fingerprint Solution P207 Dengan Kabel Data

Penutup

Nah kalau sudah, kamu hanya perlu memilih partisi, kemudian restart laptop, atur nama pengguna kamu dan juga nama latopnya, buat password OS di laptop kamu, masukkan product key, windows update, sesuaikan waktunya, kemudian pilih jaringan, dan masuk ke OS di laptop, lalu install driver.

Oke, itulah dia cara menginstall laptop yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

loading...