Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Psykologi Anak-Anak

Metode Psykologi Anak-Anak

Ilmu jiwa anak-anak mempelajari peristiwa-peristiwa jiwa yang terdapat pada anak-anak yang normal dalam bermacam-macam zaman perkembangannya:

Psykologi anak-anak adalah ilmu jiwa genetis yang mana genese adalah perkembangan atau pertumbuhan, dan normal adalah biasa. Ilmu jiwa anak-anak dinamai juga dengan psykologi perkembangan.

Metode

Metode yang digunakan pada ilmu jiwa anak-anak, sebagian besar serupa dengan metode-metode dalam psykologi eksperimen. Beberapa metode yang dipakai dalam memperoleh keterangan-keterangan masalah jiwa anak-anak, seperti:

1. Observasi

Mengamati yang teratur adalah yang terpenting. Karena disini banyak yang dapat berbuat salah, yang diobservasi antara lain:

Pernyataan yang spontan seperti: bermain, menggambar, bercakap-cakap, dsb.

Gerak-gerak reaksi, seperti: sesuatu yang dilakukan anak kecil jika dia mendengar suara yang sangat keras.

Hasil observasi hendaklah dituliskan perhari, karena yang demikian bisa mempermudah memahami watak mereka dan suapaya tidak menghilang pernyataan-pernyataan murni mereka.

2. Eksperimen

Sesuatu yang disengaja untuk dapat menimbulkan suatu situasi yang mengandung peristiwa jiwa, yang mau diselidiki. Metode in sering disebut juga dengan metode percobaan, dan sangat susah melakukannya pada anak-anak, karena kebanyakan anak tidak mengerti dengan apa yang kita suruh dan anak-anak masih malu dalam melakukannya.

Seperti : bernyanyi, berolahraga (senam), dsb.


Baca juga : ILMU JIWA ANAK-ANAK

3. Test

Adalah suatu serangkaian yang di berikn kepada seseorang untuk mengukur kemampuannya baik dengan tulisan atau wawancara, seperti pernyataan yang haru dijawab, dan tugas yang ahrus dikerjakan.

Test ini juga memperhatikan ikhtilaf-ikhtilaf batin seseorang, makanya baik sekali diterapkan untuk psykologi anak-anak.

Seperti : test gambar, menulis, berbicara, dsb

4. Metode klinis

Adalah observasi yang dihubungkan dengan pertanyaan-pertanyaan, seperti apa yang diterapkan pada orang yang sakit di klinik.

5. Enquete

Merupakan pemeriksaan yang memakai pertanyaan supaya mengetahui bagaimana pendapat suatu kelompok tentang suatu hal. Dan metode ini dilakukan untuk menyelediki macam-macam tentang kehidupan anak-anak, seperti: takut, permainan, agama, dsb.

6. Metode pengumpulan

Dalam metode ini, apa saja yang dikumpulkan dari bermacam-macam pernyataan, seperti: permainan anak-anak,bahasa anak-anak, menggambar atau mengerjakan pekerjaan tangan.

lebih lengkap tentang Psikologi anak klik disini

Kesimpulan

Dalam menerapkan metode-metode di atas tergantung pada peristiwa yang terjadi dan yang akan diselidiki. Kadang satu metode saja tidak cukup memada, dan harus dilengkapi dengan metode yng lain.

loading...